Tips Jadi Anak Kos Mandiri

Tinggal di kos merupakan salah satu cara untuk melatih kemampuan mandiri. Memang bagi sebagian orang jadi anak kos penuh dengan keterbatasan, musti hemat ini itu. Bahkan saking prinsip hematnya bisa-bisa sehari Cuma makan mie instan, atau snack walaupun udah tahu bahwa ujung2nya bisa sakit juga ntar. Tapi bagi sebagian anak hidup di kos justru menjadi sebuah kebebasan yang paling diinginkan, supply kebutuhan tetep lancar tiap bulan, dan akhirnya semakin manja dan tergantung terus sama orang tua. Heeemm, tentu semua itu kurang baik efeknya kan. Nah, untuk meminimalisir efek-efek yang unwanted itu, berikut tips buat kamu yang berada di dunia anak kos dikutip dari Spirit Next (Renungan Harian Pemuda Remaja) Edisi Juni 2012, cekidot , , ,

1.  Atur Duit

Gak bisa dimungkiri, inilah salah satu yang paling membedakan hidup ngekos dan hidup ikut bonyok. Bikin rencana dan catat masuk keluarnya duit tiap hari. Batasi kalo ternyata kamu mulai merasa pengeluaran terlalu kenceng. Jangan campur aduk apalagi pake uang yang mestinya buat uang sekolah dengan kebutuhan sehari-hari. Usahain nabung, entah di bank atau ikut arisan. Jangan kebiasaan utang.

2.  Makan

Tiap hari pasti kita makan kan? But, sering kali anak kos suka memilih menekan pengeluaran dari uang makan ini, bahkan rela puasa hanya demi beli pulsa, misalnya. Padahal, kalo gak makan lalu kita kena sakit atau kena maag justru lebih bahaya lagi kan? Atau kita tiap hari Cuma makan mie instan or Cuma makan nasi sama kerupuk doank. Wah, jangan gitu donk. Lebih baik hemat misalnya dengan masak sendiri (atau urunan bareng temen buat masak bareng), beli lauk tapi nasi masak sendiri, langganan catering, kurangi jajan karena meski jajan itu kayaknya murah, tapi boros karena gak kenyang bahkan kadang gak bersih. Pastiin juga makan sayur dan buah agar tetep sehat.

3.  Sehat Luar Dalam

Sehat itu mahal! Makanya selagi masih sehat, jaga kesehatan. Daripada naik motor, mending gowes or jalan kaki kalo emang gak terlalu jauh. Selain sehat juga hemat. Daripada dugem atau habisin pulsa buat online mulu, mending olahraga bareng temen. Jaga pula waktu istirahat, kurangi tidur pagi, apalagi gak tidur sama sekali. Kalo emang kudu lembur usahain tidur siang. Jangan bergaul sama orang-orang yang boros tapi lebih baik banyak cari temen yang suka kerja, siapa tau bisa bantu-bantu en dapet tambahan. Jangan terlalu sering mudik kalo liburnya Cuma bentar, rumah kamu jauh en makan banyak biaya buat transport.

4.  Belanja

Irit bukan berarti gak usah belanja. Tapi, belanja sendiri juga ada seninya. Kalo belanja baju, usahakan cari yang warna netral, model juga jangan yang Cuma bisa dipake pas tujuhbelajasan doank. Tujuannya tentu agar kita bisa mix n match, sehingga kita gak dikira gak pernah mandi. Catat daftar belanja, jangan biasain bawa uang cash banyak-banyak karena bisa merangsang boros. Ajak juga temen, terutama yang bisa ngerem waktu kita mulai kalap belanja, dan siapa tau juga ada barang yang bisa lebih murah kalo beli dua sekaligus.

Demikian tips sederhana buat temen-temen semua, semoga bermanfaat. Budayakan hidup MANDIRI en SEDERHANA.. Image

About Integrassi

Lahir di Gunungsitoli tanggal 06 Juli 1990, Lulusan SDN 071061 Tetehosi Idanoi, SMP Negeri 2 Simanaere, SMA Negeri 3 Gunungsitoli, dan Pendidikan Terakhir adalah Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Gunungsitoli Tahun 2013. Unit Kerja saat ini adalah SMK Swasta Pembda Nias, Dosen di IKIP Gunungsitoli I'm Open Minded Person... Thanks for Coming to my Blog...
This entry was posted in Mahasiswa. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s