Kesan dan Pesan Mewakili Wisudawan/wati Periode I Lulusan Tahun 2013

Segala puji dan syukur hanya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sebab oleh karena kasihNyalah akhirnya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam kondisi yang sehat dan dipenuhi rasa bangga dan bahagia untuk mengikuti pelantikan wisudawan/wisudawati sarjana pendidikan periode I lulusan tahun 2013, dan semoga penyertaan Tuhan yang selalu menaungi kita hingga acara ini selesai.

Berada di depan Bapak/Ibu di mimbar yang menurut saya begitu prestisius saat ini adalah merupakan sebuah kehormatan tersendiri buat saya. Namun, saya mewakili rekan-rekan sekalian dalam menyampaikan untaian kesan pesan selama mengikuti pendidikan di IKIP Gunungsitoli bukan berarti saya satu-satunya yang terbaik, kami semua merupakan bagian dari lulusan terbaik yang pernah dihasilkan oleh institut tercinta IKIP Gunungsitoli. Oleh sebab itu, segala hal yang berkenan yang akan saya sampaikan nantinya itu merupakan suara kami bersama dan hal-hal yang kurang berkenan adalah ocehan saya sendiri.

Bapak/Ibu Saudara/I yang saya hormati,

Kami yang berada di antara Bapak/Ibu saat ini merupakan sebagian dari ribuan manusia yang tidak meragukan kualitas dari institut tercinta IKIP Gunungsitoli. Kurang lebih 4 tahun lamanya kami menjadi bagian dari keluarga besar IKIP Gunungsitoli , menempuh pendidikan, berjuang keras menimba ilmu yang menguras konsentrasi, tenaga, waktu serta materi. Ada banyak pengalaman yang dibumbui dengan suka, duka, pahit dan manis yang kami rasakan selama menjadi bakal output berkualitas di lembaga IKIP Gunungsitoli. Namun pendidikan formal yang kami jalani telah membentuk kami menjadi individu yang cendekia, sementara menjadi bagian dari komunitas kampus yang dipenuhi oleh beragam asal, agama, budaya dan karakter juga secara tidak langsung telah mengasah kepekaan rasa dan menempa kami menjadi makhluk sosial.

Bapak/Ibu Saudara/I yang saya hormati,

Selama menempuh pendidikan di bangku perkuliahan, begitu banyak hal yang kami dapatkan. Oleh karena itu, kami menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak/Ibu Dosen yang dengan dedikasi tinggi telah mencurahkan tenaga, waktu bahkan materi dalam upaya membina dan mendidik kami serta bersedia berbagi ilmu dan pengalaman berharga agar kami menjadi lulusan yang berguna bagi masyakarat, menjadi lulusan yang bermoral Pancasila, bersemangat kerakyatan, mandiri, berbudaya, serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan yang tertuang dalam visi IKIP Gunungsitoli.

Bapak/Ibu serta hadirin yang berbahagia,,,

Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada orang tua kami yang juga telah rela banting tulang, mengorbankan tenaga, waktu juga materi bahkan kerap meneteskan air mata hanya untuk melihat kami menjadi orang yang berpendidikan. Terimakasih Bapak/ Ibu,,, Hari ini, Bapak dan Ibu melihat hasil jerih payah selama kurang lebih 4 tahun lamanya. Namun kami berjanji tidak akan pernah berhenti untuk membuat orangtua kami bahagia dan bangga, mohon dukungan doa selalu agar penyertaan Tuhan senantiasa mengiringi setiap langkah ke depan untuk menggapai hari-hari yang cerah.

Bapak/Ibu serta hadirin yang berbahagia,,,

Menjadi calon pendidik adalah sebuah pilihan yang luar biasa namun sekaligus menjadi pilihan tersulit. Sekarang ini tidak sedikit guru yang hanya mau menggurui tetapi tidak mau digurui. Mari belajar seolah akan hidup untuk selamanya, mari bertindak karena dunia tidak melihat dari mana kita berasal tapi dunia melihat apa yang bisa kita berikan. Zaman yang semakin berkembang menuntut kita untuk lebih mengasah pikiran,  kreativitas dan keterbukaan untuk siap berbagi dalam upaya membentuk generasi yang tangguh dan bermoral. Tugas dan fungsi kita tidak hanya terbatas untuk bidang akademis tetapi lebih dari itu yakni membentuk pribadi yang berkarakter.

Mari bersama-sama mempertahankan dan menjaga wibawa, martabat serta citra institut tercinta IKIP Gunungsitoli, mari menunaikan Tri Darma Perguruan Tinggi dan mengibarkan bendera serta panji kebesaran almamater di tengah-tengah masyarakat. Memang, akan sangat banyak kendala yang kita hadapi seiring dengan perkembangan yang ada, namun jika ada keinginan dan keberanian yang tinggi kita pasti bisa melaluinya. Ada sebuah kutipan yang mengatakan : Change may be immortal but not the strongest, artinya perubahan mungkin bersifat kekal tapi bukan yang terkuat. Keinginan yang kuatlah yang memiliki kuasa untuk mengubah segala sesuatu menjadi sebuah peluang.

Akhir kata, mari bersama-sama bergandengan tangan melakukan berbagai misi untuk mewujudkan sebuah visi yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Maju terus IKIP Gunungsitoli.

Demikian kesan pesan yang dapat saya sampaikan, atas perhatian saya ucapkan terimakasih. “Yaahowu”.

By : Integrasi Anugerah Bate’e, S.Pd.

About Integrassi

Lahir di Gunungsitoli tanggal 06 Juli 1990, Lulusan SDN 071061 Tetehosi Idanoi, SMP Negeri 2 Simanaere, SMA Negeri 3 Gunungsitoli, dan Pendidikan Terakhir adalah Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Gunungsitoli Tahun 2013. Unit Kerja saat ini adalah SMK Swasta Pembda Nias, Dosen di IKIP Gunungsitoli I'm Open Minded Person... Thanks for Coming to my Blog...
Image | This entry was posted in Mahasiswa. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s